April 17, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Proyek SPAM Umbulan Rp 2 triliun rampung, Jokowi minta tersambung ke masyarakat


ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Senin (22/3).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Senin (22/3). Usai diresmikan, Jokowi meminta penyambungan aliran air dari SPAM Umbulan ke masyarakat segera dilakukan.

Pembangunan SPAM yang memakan biaya hingga Rp 2 triliun tersebut diharapkan tak berhenti. Penyambungan pipa ke rumah tangga harus dilakukan agar SPAM memberi manfaat kepada masyarakat.

“Jangan sampai proyek besarnya jadi, pipa utamanya selesai, tapi untuk masuk ke rumah tangga ini terkendala karena siapa yang bertanggung jawab tidak jelas,” ujar Jokowi saat meresmikan SPAM Umbulan, Senin (22/3).

Baca Juga: Kementerian PUPR dorong KPBU untuk capai target 10 juta sambungan air minum baru

Perlu perundingan untuk memastikan pihak yang bertanggung jawab dalam berlanjutnya proyek SPAM tersebut. Apakah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau pun pemerintah daerah.

SPAM Umbulan memiliki kapastias maksimal mencapai 4.000 liter per detik. Namun, hingga saat ini masih digunakan sebanyak 900 liter per detik.

“Artinya masih ada 80% yang harus segera diselesaikan dari pipa utama sampai masuk ke pipa di rumah tangga,” terang Jokowi.

Jokowi menyebut, banyak contoh infrastruktur yang tak tersambung pada tujuan utama. Salah satunya berkaitan dengan pembangunan waduk untuk pengairan sawah.

“Irigasi primer sudah disiapkan, tapi untuk yang sekunder dan tersier tidak ada. Terus airnya sampai ke sawah lewat mana?” ungkap Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh pihak dapat bekerja sama dalam menggunakan SPAM tersebut. Sehingga infrastruktur yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) ini bisa bermanfaat.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link