April 17, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Angka kesembuhan pasien Covid-19 Indonesia turun 6 minggu berturut-turut


ILUSTRASI. Wiku Adisasmito

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, angka kesembuhan pasien Covid-19 kembali mengalami penurunan pada pekan ketiga Maret 2021.

“Kasus sembuh baru di minggu ini sayangnya mengalami penurunan kembali, yang berarti kesembuhan telah menurun selama enam minggu berturut-turut,” kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/3/2021).

Berdasar data per 21 Maret 2021, penurunan angka kesembuhan mencapai 0,7 persen. Meski begitu, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan kenaikan angka kesembuhan tertinggi yakni Banten 2.187 kasus, Jawa Timur naik 985 kasus, Sulawesi Selatan naik 331 kasus, Riau naik 232 kasus, dan Jambi naik 179 kasus.

Baca Juga: UPDATE Corona DKI Jakarta, Selasa (23/3): Tambah 815 kasus positif baru

Wiku meminta agar ke depan angka kesembuhan pasien Covid-19 terus ditingkatkan. Ia tak ingin lagi terjadi penurunan persentase kesembuhan. “Seharusnya kasus sembuh baru harus dapat terus meningkat jumlahnya setiap minggu,” ujarnya.

Dalam periode yang sama, Wiku mengungkap, angka kematian pasien Covid-19 mengalami peningkatan. Catatan ini menunjukkan bahwa angka kematian telah mengalami peningkatan selama dua minggu berturut-turut.

Wiku menyebut, Jawa Timur menjadi provinsi dengan penambahan angka kematian mingguan tertinggi yakni 168 kasus. Kemudian angka kematian di Banten naik 54 kasus, Lampung naik 13 kasus, Sulawesi Tengah naik 9 kasus, dan Jambi naik 8 kasus.

“Di minggu ini kasus kematian baru mengalami kenaikan 10 persen, lebih besar dari minggu lalu yang naik sebesar 5,45 persen,” kata Wiku.

Menurut Wiku, catatan ini menunjukkan perkembangan yang buruk. Oleh karenanya, ia meminta seluruh provinsi untuk terus meningkatkan penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

Baca Juga: Satgas minta sertifikat vaksinasi Covid-19 jangan diunggah ke media sosial

Wiku mengingatkan agar para kepala daerah dan pemangku kepentingan setempat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dengan baik.

“Beberapa daerah mungkin sudah mulai merasa jenuh dengan rutinitas penanganan Covid 19, untuk itu saya berpesan, mari kita bangkit dan mempertahankan semangat penanganan Covid-19 karena semangat kita adalah nyawa bagi mereka,” kata dia. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Satgas: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Turun 6 Minggu Berturut-turut”

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link