April 20, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Hyundai targetkan mulai produksi mobil listrik di Indonesia pada Maret 2022


ILUSTRASI. Hyundai. REUTERS/Chaiwat Subprasom/File Photo

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai menargetkan dapat memulai produksi mobil listrik (Electric Vehicle) dari pabrik di dalam negeri pada Maret 2022 mendatang.

Vice President & COO Hyundai Motor Asia Pasific Headquarter Lee Kang Hyun mengungkapkan saat ini pihaknya telah menggelontorkan investasi pembangunan pabrik di Deltamas Industrial Complex, Bekasi, Indonesia, yang memiliki nilai total investasi mencapai US$ 1,55 miliar atau setara dengan Rp 21,7 triliun.

Lee memastikan, pabrik mobil ini nantinya memang tidak hanya akan memproduksi mobil listrik saja tapi juga tetap memproduksi mobil internal combustion engine (ICE). “Hyundai memang akan produksi ICE dan EV sesuai market share. Tahun depan di bulan Maret akan mulai produksi mobil listrik dari pabrik di Indonesia,” kata Lee dalam diskusi virtual, Kamis (25/3).

Baca Juga: Bos Hyundai sebut banyak negara berkembang berikan subsidi untuk mobil listrik

Lee menjelaskan, pabrik dengan kapasitas produksi mencapai 150 ribu unit ini nantinya dapat secara paralel memproduksi dua jenis kendaraan baik ICE maupun EV. Menurutnya, nantinya jika permintaan kendaraan listrik meningkat maka pabrik dapat secara fleksibel mengubah ratio produksi kedua jenis kendaraan.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Hyundai memasarkan kendaraan listriknya dengan harga Rp 600 juta hingga Rp 700 juta. Pada tahun lalu, penjualan kendaraan listrik Hyundai mencapai 200 unit hingga 300 unit. “Tahun ini kami lihat potensi market sekitar 300 unit hingga 1000 unit,” sambung Lee.

Dalam catatan ACEHNATIONALPOST,  Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi sekitar 150.000 unit kendaraan per tahun, dan nantinya pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya. Hyundai menargetkan pabrik ini akan memulai produksi pertamanya pada paruh kedua 2021.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link