April 20, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Pefindo sematkan peringkat idA+ dan outlook stabil untuk Sinar Mas Agro (SMAR)


ILUSTRASI. Kilang penampungan minyak sawit di pabrik milik PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMAR)

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat “idA+” untuk PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2020 sebesar Rp 3 triliun. Prospek atas peringkat perusahaan ini adalah “stabil”.

Obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walau demikian, kemampuan obligor mungkin akan mudah terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan obligor dengan peringkat lebih tinggi. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

“Peringkat mencerminkan bisnis model SMAR yang terintegrasi dengan profil perkebunan yang baik, segmen bisnis dari area yang terdiversifikasi dengan baik, dan permintaan domestik yang kuat untuk minyak kelapa sawit,” ungkap Analis Pefindo Christyanto Wijaya dan Marshall Tatuhas dalam siaran pers yang diterima ACEHNATIONALPOST, Kamis (25/3).

Peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dengan kebutuhan modal kerja yang tinggi, ketergantungan terhadap pasokan bahan baku dari pihak eksternal, dan eksposur terhadap fluktuasi harga komoditas global dan cuaca yang tidak menguntungkan.

Pefindo menyebut, peringkat dapat dinaikkan jika SMAR secara konsisten melampaui EBITDA yang ditargetkan dan secara signifikan memperbaiki struktur permodalan perusahaan. “SMAR juga harus secara efisien mengelola kebutuhan modal kerjanya sehingga dapat menurunkan utang modal kerja perusahaan,” tulis Pefindo.

Baca Juga: Sinar Mas Agro (SMAR) sebut prospek industri sawit masih menarik

 

 

Namun, peringkat dapat diturunkan jika SMAR menarik utang yang lebih tinggi tanpa dikompensasi dengan peningkatan profil bisnis. Pencapaian EBITDA yang secara signifikan lebih rendah dari yang diproyeksikan di tengah tingkat utang yang tinggi dan/atau kebutuhan modal kerja yang tinggi secara terus menerus juga dapat memicu penurunan peringkat perusahaan.

Sebagai informasi, SMAR merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit terintegrasi yang memiliki operasional di segmen hulu dan hilir dari industri kelapa sawit. Area perkebunan SMAR berlokasi di Sumatra dan Kalimantan dengan total luas tanam, termasuk plasma, sekitar 137.512 hektar (Ha).

Kegiatan hilir SMAR termasuk pengolahan minyak kelapa sawit dengan total kapasitas tahunan sekitar 2,88 juta ton yang memproduksi produk olahan seperti olein dan steatine. Selain itu, SMAR juga memiliki fasilitas pengolahan untuk menghasilkan produk biodisel dan olekimia.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link