April 19, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Menderita kencing manis? Biji rambutan efektif mengobati diabetes melitus


ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Biji rambutan, bukanlah sampah. Biji rambutan bermanfaat mengobati diabetes melitus. 

Diabetes melitus atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis, bukanlah penyakit yang asing untuk sebagian masyarakat tanah air. 

Baca Juga: 5 Manfaat buah rambutan untuk kesehatan: menjaga kesehatan ginjal sampai tulang

Sebab, diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat.  

Mengutip dari buku berjudul Care Your Self: Diabetes Melitus, seseorang dikatakan menderita penyakit diabetes melitus bila kadar gula dalam darah lebih besar dari 200mg/dl. 

Penyakit diabetes melitus disebabkan kurang aktifnya produksi hormon insulin dari sel kelenjar langerhans pada organ pankreas. 

Kondisi tersebut terjadi karea menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin. Namun ada pula seseorang yang menderita diabetes melitus meskipun jumlah sel hormon insulin cukup. Hal ini disebabkan insulin tidak efisien dan tubuh tidak mampu mengoksidasi glukosa menjadi energi. 

Diabetes Melitus disebabkan oleh banyak faktor yakni, keturunan, penggunaan obat-obatan tertentu, pola hidup tidak sehat, dan obesitas. 

Penyakit diabetes melitus harus segera ditangani. Bila tidak, penyakit ini akan menggerogoti tubuh penderitanya. 

Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus. Pertama, penderita bisa melakukan olahraga secara rutin. 

Kedua, penderita harus mengonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya gula darah. Ketiga, penderita bisa mengonsumsi obat resep dokter.

Bila tidak ingin mengonsumsi obat kimia, penderita diabetes melitus bisa minum obat herbal.

Biji rambutan obat herbal kencing manis 

Salah satu obat herbal untuk kencing manis adalah biji rambutan. Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, biji rambutan mengandung lemak dan polifenol. 

Sekedar info, polifenol bermanfaat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, polifeniol juga bermanfaat menangkal rdikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan enam biji rambutan. Anda sangrai biji rambutan sampai kering. Setelah itu, Anda haluskan biji rambutan lalu seduh dengan satu cangkir air panas. 

Anda minum air seduhan biji rambutan secara sekaligus. Anda sebaiknya minum ramuan tersebut dua kali sehari. 

Baca Juga: 6 Manfaat buah duku untuk kesehatan yang belum banyak diketahui

 



Source link