April 20, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

IHSG diproyeksi menguat pada Senin (29/3), simak rekomendasi saham dari analis


ILUSTRASI. Investor melintas di depan papan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia Jakarta./pho ACEHNATIONALPOST/Carolus Agus Waluyo.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi akan melanjutkan penguatannya pada perdagangan Senin (29/3).

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, bersamaan dengan technical rebound yang terjadi Jumat (26/3), IHSG membentuk pola morning star doji sebagai sinyal minor bullish reversal.

Jika bertahan di atas level 6.180, IHSG berpeluang menguji resistance 6.250. Di samping faktor teknikal, pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh respon pelaku pasar terhadap sejumlah data perekonomian yang dirilis pada akhir pekan ini.

Di antaranya adalah data Personal consumption expenditures (PCE) price index Index untuk bulan Februari 2021 dan Michigan Consumer Sentiment Final untuk bulan Maret 2021. “Kedua data tersebut dapat menjadi indikator kondisi ekonomi di Amerika Serikat (AS) yang berpotensi mempengaruhi pergerakan US Bond Yields,” terang Valdy, Jumat (26/3).

Baca Juga: Ini sejumlah sentimen yang akan mempengaruhi gerak IHSG di kuartal kedua 2021

Dari regional, China merilis data industrial profits untuk Februari 2021. Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar menantikan data inflasi Maret 2021. Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi sebesar 0.09% secara month-on-month (mom) atau 1,37% year-on-year (yoy) di Maret 2021. Sebagai informasi, inflasi Februari 2021 sebesar 1,38% yoy.

IHSG diperkirakan bergerak dengan support 6.070 dan resistance  di  6.250 pada perdagangan Senin (29/3).

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang melalui fase teknikal rebound setelah terkoreksi wajar pada beberapa waktu lalu. Namun masih kuatnya fundamental perekonomian Indonesia turut menjadi penopang bagi kenaikan IHSG.

Masih tercatatnya capital inflow secara ytd juga masih menunjukkan kepercayaan investor terhadap pasar modal Indonesia. Proyeksi William, IHSG berpotensi bergerak pada zona hijau dengan rentang  6.078 – 6.202.

Adapun  saham-saham yang bisa dicermati untuk perdagangan besok antara lain ICBP,  ASII, ITMG, BBCA, AKRA, SMRA,dan LSIP. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link