April 17, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Kasus Covid-19 baru di Amerika melonjak selama dua minggu berturut-turut


ILUSTRASI. Kasus baru Covid-19 di Amerika Serikat naik 9% menjadi lebih dari 431.000 kasus minggu lalu. REUTERS/Lucy Nicholson

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ACEHNATIONALPOST – NEW YORK. Kasus baru Covid-19 di Amerika Serikat naik 9% menjadi lebih dari 431.000 kasus minggu lalu. Menurut analisis Reuters, ini pertama kalinya sejak Januari kasus Covid-19 meningkat selama dua minggu berturut-turut di Amerika.

Analisis Reuters menunjukkan, tiga puluh tiga dari 50 negara bagian melaporkan lebih banyak infeksi baru pada pekan yang berakhir 28 Maret dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya. New Jersey, Michigan, dan New York mencatat peningkatan terbesar yang relatif terhadap ukuran populasi mereka.

Pejabat kesehatan mengatakan, ada beberapa hal yang memicu kenaikan tersebut. Misalnya saja, beberapa pemerintah negara bagian dan lokal membatalkan tindakan pencegahan, seperti penggunaan masker, sebelum waktunya. Penyebab lainnya adalah beredarnya varian virus yang lebih menular di masyarakat.

Dr Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pada hari Senin mengatakan dia merasakan malapetaka yang akan datang setelah melihat tren data terbaru.

Baca Juga: Segera lakukan uji coba, ini dua kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Brasil

“Kami memiliki banyak hal untuk dinantikan, begitu banyak janji dan potensi di mana kami berada dan begitu banyak alasan untuk berharap, tetapi saat ini, saya merasa takut,” katanya pada konferensi pers reguler Covid-19.

“Saya meminta Anda semua untuk membunyikan alarm,” tambah Walensky. “Kami tidak memiliki kemewahan dari kelambanan. Demi kesehatan negara kita, kita harus bekerja sama sekarang untuk mencegah lonjakan keempat.”

Di sisi lain, kematian akibat Covid-19 turun 10% menjadi 7.000 pada minggu lalu, atau sekitar 1.000 per hari. Pejabat kesehatan meyakini, upaya vaksinasi negara dapat membatasi kematian bahkan dengan kasus yang meningkat.

Baca Juga: Rekor lagi, Brasil catat 3.650 kematian baru akibat Covid-19 pada Jumat (26/3)

Memasuki minggu kelima, vaksinasi rata-rata harian mencatat rekor, di mana sudah 2,7 juta suntikan diberikan per hari pada pekan lalu. Menurut CDC, hingga Minggu (28/3/2021), sudah 28% populasi AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin dan 16% telah divaksinasi penuh.

Jumlah rata-rata pasien Covid-19 di rumah sakit turun 0,5% menjadi 36.000. Rawat inap telah turun selama 11 minggu secara nasional, tetapi meningkat di 24 negara bagian. Persentase kenaikan terbesar terjadi di Hawaii yang naik 57%, dan Michigan yang naik 49%.

 

 






Source link