Grand design rampung, kelembagaan manajemen talenta masih jadi pembahasan


ILUSTRASI. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berpose usai wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Senin (29/6/2020).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

ACEHNATIONALPOST –  JAKARTA. Pemerintah masih membahas bentuk kelembagaan manajemen talenta. Terdapat tiga opsi yang menjadi alternatif lembaga yang membuat ekosistem pembinaan talenta unggul. Alternatif pertama, kelembagaan manajemen talenta bisa bersifat Satuan Tugas yang tidak permanen.

Selain itu, manajemen talenta juga bisa menjadi lembaga independen. Sementara opsi ketiga, manajemen talenta berada pada kementerian yang sudah ada.

“Di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ada di sana juga sudah tersedia suatu tempat lembaga pencarian bakat,” ujar Kepala Staf Presiden Moeldoko usai rapat terbatas, Selasa (30/3).

Moeldoko bilang pengembangan manajemen talenta dapat dilakukan dengan mengoptimalkan lembaga tersebut. Namun, saat ini ketiga opsi itu masih dalam pembahasan.

Baca Juga: Ditargetkan terbentuk tahun ini, Holding BUMN Pangan dinilai terintegrasi hulu-hilir

Desain besar atau grand design mengenai manajemen talenta diakui telah rampung. Peraturan Presiden yang menjadi dasar hukum manajemen talenta pun akan segera disiapkan.

“Tinggal menunggu gong-nya, dalam tempo yang tidak terlalu lama manajemen talenta nasional itu mudah-mudahan segera bisa dioperasionalkan,” terang Moeldoko.

Nantinya manajemen talenta akan melakukan pencarian bakat. Setelah bakat tersebut ditemukan, berikutnya manajemen talenta akan membantu mengarahkan dalam pengembangan bakat tersebut.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *