April 19, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Jangan dibuang dulu! Ini deretan manfaat teh celup bekas


ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Siapa yang setelah menggunakan teh tubruk atau teh celup, lalu daun bekas seduhan langsung dibuang? 

Padahal, daun bekas seduhan teh ini memiliki banyak manfaat. Dengan kembali menggunakannya kamu tak hanya akan mendapatkan manfaatnya, tapi juga sekaligus mengurangi sampah rumah tangga. 

Berikut adalah beberapa manfaat daun teh bekas seduhan seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (27/3/2021). 

1. Cat kayu 

Kantong atau daun teh bekas bisa menjadi cat kayu yang bagus. Tanin yang ada dalam teh hitam menonjolkan kilau alami kayu. Cukup gesek beberapa kantong teh bekas di kursi atau meja kayu lalu gosok dengan kain untuk mendapatkan kilau yang nyata. 

Kantong teh harus agak lembap tetapi tidak basah agar tidak merusak kayunya. Kamu juga bisa membersihkan lantai atau parkit dari kayu milikmu. 

Baca Juga: 5 Bahan ini efektif jadi cara mengecilkan perut buncit

Caranya, masukkan daun teh atau kantong bekas ke dalam ember berisi air. Biarkan terendam sebentar sebelum kamu mengepelnya. Tak hanya warna yang akan kembali cerah, goresan pada lantai kayu juga akan hilang. 

2. Menghilangkan minyak dan noda 

Tidak ada yang suka melihat minyak kotor menempel di wajan setelah memasak. Masukkan beberapa kantong teh atau daun bekas ke dalam wajan dan isi dengan air panas, lalu rendam semalaman. 

Tanin dalam teh akan menghilangkan minyak dan kamu bisa menggosoknya dengan mudah keesokan harinya. Kantong teh juga efektif membersihkan noda pada cermin, kaca jendela, dan bahkan kacamata. 

Baca Juga: Konsumsi 4 makanan ini bisa jadi cara diet alami, lo

Gosok perlahan kantong teh basah pada permukaan kaca dan bersihkan dengan tisu untuk melihat perbedaannya. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie



Source link