​Merasa insecure? Inilah jenis-jenis insecure yang perlu diketahui


ACEHNATIONALPOST – Insecure adalah perasaan tidak mampu, tidak cukup baik, kecemasan dan membuat seseorang merasa tidak aman. 

Sebenarnya perasaan tidak aman atau insecure bisa dialami oleh setiap orang dan normal terjadi. Namun, bagi sebagian orang lain insecure bisa terjadi terus-menerus. 

Penyebab insecure pun bermacam-macam yakni dari peristiwa traumatis, kondisi sosial atau lingkungan lokal seperti sekolah, tempat kerja, atau rumah.

Jenis-jenis insecure

Dirangkum dari laman WebMD, berikut jenis-jenis insecure yang bisa terjadi pada seseorang:

1. Insecure dalam hubungan

Salah satu jenis insecure yang paling umum berkaitan dengan hubungan atau “keterikatan”.

Teori keterikatan berawal dari menghubungkan pola keterikatan pada anak usia dini dengan pola hubungan dan harapan di kemudian hari.

Ketika “sosok keterikatan” seorang anak, sering kali orang tua atau wali, tidak dapat diandalkan atau mendukung anak tersebut, maka anak sering merasa tidak aman atau insecure

Anak kemudian membentuk citra diri yang negatif dan mengalami tekanan emosional yang lebih besar di kemudian hari.

Insecure dalam hubungan tidak harus dimulai pada masa kanak-kanak. Insecure jenis ini bisa muncul pada seseorang saat berhubungan dengan orang terdekat mereka.

Baca Juga: Ingat, 3 kegiatan ini dilarang meski sekolah tatap muka sudah dilaksanakan  

2. Insecure dalam pekerjaan

Insecure dalam pekerjaan terjadi ketika Anda cemas tentang kelanjutan pekerjaan Anda atau tentang keuntungan tertentu yang melekat pada pekerjaan Anda.

Hal ini dapat dipicu oleh kecemasan atas kinerja pekerjaan Anda sendiri atau kecemasan atas faktor-faktor di luar kendali Anda, seperti ekonomi, tren industri, konflik tempat kerja, atau bahaya restrukturisasi atau kegagalan perusahaan.

3. Insecure dalam citra tubuh

Salah satu penyebab munculnya rasa insecure yang paling umum adalah tentang citra tubuh. 

Banyak orang merasa tidak aman atau insecure tentang penampilan mereka dan mempertanyakan apakah mereka memiliki citra tubuh ideal seperti yang diharapkan oleh banyak orang.

4. Gangguan kecemasan sosial 

Jenis rasa insecure lainnya adalah cara seseorang dipandang oleh teman-teman mereka dan bagaimana berinteraksi dengan mereka. 

Rasa tidak aman ini bisa berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial yang parah.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *