Ada relaksasi PPnBM kendaraan bermotor, BPS catat harga mobil turun pada Maret 2021


ILUSTRASI. Ada relaksasi PPnBM kendaraan bermotor, BPS catat harga mobil turun pada Maret 2021

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melihat adanya penurunan harga mobil di sepanjang bulan Maret 2021. Menurut catatan BPS, harga mobil terpantau turun sehingga memberikan kontribusi pada deflasi sebesar 0,03%. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto, mengatakan, penurunan harga mobil tersebut tak lepas dari keputusan pemerintah untuk merelaksasi PPnBM kendaraan bermotor yang berlaku per 1 Maret 2021. 

“Tentu saja ini berdampak pada turunnya beberapa harga mobil baru di berbagai kota. Ini merupakan upaya pemerintah yang baik dalam meningkatkan daya beli masyarakat di sektor industri kendaraan bermotor,” ujar Setianto, Kamis (1/4). 

Setianto lalu mengatakan, terjadi penurunan harga di beberapa merek mobil dan mobil di kelas 1500 CC. Bahkan, dari 90 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dipantau BPS tercatat ada 46 kota yang mengalami penurunan harga mobil dan tertinggi di Manado. 

Baca Juga: April berlaku diskon pajak PPnBM 50 persen, ini prediksi harga mob baru Innova

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengeluarkan aturan untuk pemberian insentif PPnBM 0% untuk mobil baru. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 20/PMK.010.2021. 

Dengan aturan itu, pemerintah memangkas PPnBM mobil baru hingga akhir 2021 dengan tarif yang turun berjenjang selama tiga bulanan. Salah satu jenis mobil yang mendapat keringanan pajak adalah jenis sedan atau station wagion dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi dengan kapasitas isi silinder sampai 1.500 CC. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *