April 17, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Super Energy (SURE) proyeksikan pendapatan mencapai Rp 478 miliar pada 2021


ILUSTRASI. PT Super Energy Tbk (SURE)

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

ACEHNATIONALPOST – JAKARTA.  PT Super Energy Tbk (SURE) mengambil pendekatan konservatif dalam melihat pertumbuhan kinerja perusahaan pada tahun ini. Tahun ini, emiten gas berkode saham “SURE” tersebut memproyeksikan perolehan top line sekitar Rp 478 miliar dengan bottom line sekitar Rp 56 miliar.

Angka proyeksi tersebut lebih rendah 30% dibanding perkiraan kinerja 2021 yang sempat disampaikan SURE pada akhir tahun 2020 lalu. Asal tahu saja, sebelumnya SURE memproyeksikan perolehan top line sekitar Rp 683 miliar dengan bottom line mencapai Rp 80 miliar untuk tahun buku 2021.

Direktur Utama SURE, Agustus Sani Nugroho, mengatakan, proyeksi  kinerja perusahaan untuk tahun 2021 disesuaikan dengan pertimbangan kondisi ekonomi yang ada saat ini. Terlebih, SURE masih sulit memprediksi kondisi perekonomian makro sampai akhir tahun nanti.

“Kami menggunakan pendekatan yang konservatif, (kami) akan menurunkan kurang lebih 30% dari proyeksi yang sebelumnya,” tutur Agustus kepada ACEHNATIONALPOST, Rabu (31/3).

Baca Juga: Super Energy (SURE) sudah serap sekitar 45% dana capex

Untuk diketahui, SURE menjual gas dalam bentuk compressed natural gas (CNG), liquified petroleum gas (LPG), dan Condensate. Mayoritas penjualan gas SURE menyasar  industri makanan dan  industri pengolahan kapur. 

Kedua sektor yang berkontribusi sekitar 70% dari total penjualan gas SURE. Adapun penjualan gas sisanya berasal dari kontribusi penjualan ke sektor industri lain seperti rokok dan tekstil.

Agustus bilang, meski kondisi perekonomian belum pulih sebelumnya, SURE tetap melihat adanya  peluang peningkatan penjualan CNG di tahun 2021. Katalis positif datang dari masih banyaknya industri yang membutuhkan gas dalam menunjang kegiatan operasionalnya.

Di samping itu, realisasi kinerja perusahaan di 2 bulan pertama tahun ini masih sejalan dengan proyeksi terkini perusahaan yang telah disesuaikan.

Asal tahu saja, menurut Agustus, meski lebih rendah 30% dari perkiraan awal, proyeksi pendapatan sekitar  Rp 478 miliar dengan laba bersih sekitar Rp 56 miliar masih lebih tinggi dibanding proyeksi kinerja SURE di sepanjang tahun 2020. Hanya saja, Agustus tidak merinci berapa realisasi perolehan kinerja di sepanjang tahun lalu.

Makanya, agar proyeksi bisa terealisasi, SURE telah menyiapkan beragam strategi. “Strategi SURE yang dilakukan adalah tetap berusaha mendapatkan sumber gas baru, melakukan efisiensi, mencari pendanaan dengan cost/biaya bunga yang lebih murah dan meningkatkan pemasaran,” papar Agustus.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ACEHNATIONALPOST Store.





Source link