April 19, 2021

ACEHNATIONSLPOST

Portal Berita Aceh

Program vaksin Covid-19 Eropa sangat lamban


ILUSTRASI. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkritik peluncuran program vaksin virus corona di Eropa. REUTERS/Dado Ruvic

Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ACEHNATIONALPOST – JENEWA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkritik peluncuran program vaksin virus corona di Eropa. Menurut WHO, program vaksinasi Covid-19 di Benua Biru itu sangat lamban.

Melansir BBC, WHO juga mengatakan situasi Covid-19 di wilayah tersebut saat ini lebih mengkhawatirkan daripada beberapa bulan sebelumnya.

Asal tahu saja, kampanye vaksinasi di sebagian besar negara Eropa telah dilanda penundaan dan jumlah infeksi semakin meningkat.

“Vaksin memberikan jalan keluar terbaik bagi kita dari pandemi ini … Namun, peluncuran vaksin ini sangat lamban” dan memperpanjang pandemi di kawasan Eropa yang lebih luas,” demikian pernyataan Direktur WHO untuk Eropa Hans Kluge dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip BBC.

Baca Juga: Laporan WHO soal asal usul corona yang tidak kredibel membuat ilmuwan marah

Dia menambahkan, “Kita harus mempercepat proses dengan meningkatkan produksi, mengurangi hambatan dalam pemberian vaksin, dan menggunakan setiap botol yang kita miliki sekarang.”

Sementara itu, selama cakupan vaksin tetap rendah, dia mengatakan negara-negara Uni Eropa harus memberlakukan penguncian dan tindakan lain untuk mengkompensasi penundaan vaksin.

Kluge juga memperingatkan bahwa peluncuran vaksin, meskipun kecepatannya lamban, berisiko memberikan rasa aman palsu kepada pihak berwenang dan publik.

Baca Juga: Waspada! Kasus virus corona global naik selama lima minggu berturut-turut






Source link