Jokowi beri kewenangan kelola stasiun kereta, ini respons Anies Baswedan


ACEHNATIONALPOST –  JAKARTA. Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena diberi hak pengelolaan stasiun di wilayah DKI Jakarta. 

Dia mengatakan, kewenangan tersebut berhasil diperoleh DKI Jakarta karena Presiden Joko Widodo dinilai mengerti persoalan Jakarta lantaran pernah menjabat sebagai Gubernur DKI. 

“Kita matur (terima kasih) Pak Presiden (Jokowi). Pak Presiden, kalau kita mengelola transportasi tapi tidak punya kewenangan sulit minta supaya stasiun di Jakarta dikelola oleh DKI. Untungnya presiden mantan Gubernur DKI,” kata Anies dalam acara konferensi virtual, Kamis (1/4/2021). 

Anies mengatakan, permintaan Pemprov DKI Jakarta ke pemerintah pusat terkait pengelolaan stasiun tidak berbelit-belit. Saat meminta ke Jokowi, Anies mengatakan dampak kemacetan yang terjadi lantaran pengelolaan stasiun tidak sesuai dengan rencana penanganan kemacetan yang dilakukan DKI Jakarta. 

Baca Juga: Survei: Prabowo Subianto unggul sebagai capres 2024, tapi belum kuat

“Jadi begitu (Jokowi) dengar langsung, ‘Iya saya juga dulu pusing ngurusin pintu stasiun,” kata Anies menirukan ucapan Jokowi. 

Sehingga mulai saat ini, kata Anies, pengelolaan stasiun diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta “Dan kemudian pengelolaan stasiun di Jakarta diserahkan kepada DKI sekarang,” ucap dia. 

Meskipun pengelolaan stasiun berada di bawah Pemprov DKI, Anies mengatakan pengelolaan untuk kereta api tetap dipegang oleh pemerintah pusat melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI). 

Kini, ucap Anies, dengan pengelolaan di bawah Pemprov DKI, stasiun-stasiun kereta bisa diintegrasikan dengan bus dan sarana transportasi lainnya yang dikelola oleh Pemprov DKI. 

“Ketika turun dari kereta bisa langsung nyambung dengan bus,” ucap Anies. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anies Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi karena Diberi Kewenangan Kelola Stasiun Kereta”

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *